Ada Cerita Legenda Dibalik Indahnya Panorama Situ Sanghiang (Bagian 1)

TASIKMALAYA-padjajaran-news.com : Situ Sanghiang yang berada di Desa Cibalanarik, Kecamatan Tanjungjaya, Kabupaten Tasikmalaya, konon awalnya adalah sebuah Kerajaan bernama Saunggatang dengan rajanya seorang ksatria tampan dan gagah berani yang bernama Raden Ciptarasa.

Itulah awal pembuka cerita dari Tokoh Masyarakat Situ Sanghiang, Ikbal Nasihin ketika dikediamannya yang berada dikawasan danau. Rabu (23/10/2018).

Diselang dengan menyeruput segelas kopi, Ikbal Nasihin meneruskan ceritanya, bahwa kala itu Saunggatang di bawah kekuasaan Kerajaan Mataram.

“pada suatu saat seluruh raja bawahan berkumpul di Mataram selama 40 hari. Singkat cerita setelah selesai tugas Raja Ciptarasa pulang ke Saunggatang,” kata Ikbal Nasihin.

Di tengah perjalanan ke Saunggatang, ia bertemu dengan raja Galuh yaitu Raden Rarangbuana yang terlambat datang ke Mataram tanpa didampingi permaisuri.

Kedua raja tersebut saling bertegur sapa, setelah itu melanjutkan perjalanannya masing-masing. Setelah itu, Raja Saunggatang teringat pembicaraan orang bahwa konon permaisuri Raja Galuh memiliki paras tercantik di Pulau Jawa.
Dia pun merasa penasaran dan ingin bertemu. Lalu, bergegas menuju kerajaan Galuh untuk membuktikan kebenaran kabar yang tersiar.
(Yud’N)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *