Ada Cerita Legenda Dibalik Indahnya Panorama Situ Sanghiang (Bagian 14)

TASIKMALAYA-padjajaran-news.com : Legenda pernah berdirinya Kerajaan Saunggarang memang benar adanya. Tokoh Masyarakat Situ Sanghiang, Ikbal Nasihin menuturkan bahwa di dalam danau banyak ditemukan tunggul-tunggul bekas kerajaan.

Dan mengenai rakyat Saunggatang yang terkena kutukan Raja Galuh, akhirnya setelah Kiai Abdul Syukur dan masyarakat memanjatkan doa kepada Alloh SWT.

Maka datanglah petunjuk bahwa yang bisa menyembuhkan penyakit cacar dan panas dingin adalah putera dari raja Linggawesi yang bernama Linggawastu yang letak kerajaannya ada di sebelah barat kerajaan Saunggatang.

Ketika dipinta untuk menyembuhkan rakyat saunggatang oleh Raja Linggawesi, Sebagai putra yang sholeh, Raden Linggawastu menerima permohonan untuk membantu menyembuhkan derita rakyat saunggatang yang terkena cacar dan panas dingin.

Raden Linggawastu pun pamit dan meminta doa restu untuk berangkat menemui rakyat Saunggatang, atas ijin sang maha pencipta, Rakyat saunggatang yang tadinya terkena sumpah dari Raja Galuh, sembuh seperti sedia kala atas “cukang lantaran” putra dari Raja Linggawesi.

(Yud’N)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *