Kader Demokrat Ajak Masyarakat Uji Kelayakan Seluruh Caleg Dapil Tiga

TASIKMALAYA-padjajaran-news.com : Kader Partai Demokrat, Ramdan Hanapiah mengajak masyarakat daerah pemilihan (Dapil) 3 (tiga) Kabupaten Tasikmalaya yang meliputi Kecamatan Ciawi, Jamanis, Sukaresik, Pagerageung dan Kadipaten untuk melakukan uji kelayakan seluruh Calon Anggota Legislatif (Caleg) yang maju di 2019.
“Seluruh Caleg dapil 3 dari berbagai Partai coba untuk di uji kelayakan oleh masyarakat, biar masyarakat tahu sejauhmana para calon wakil rakyat ini mempunyai gagasan untuk mewakili dapil 3,” kata Ramdan Hanapiah di Ciawi, Senin (29/10/2018).
Ada 43 Desa di dapil 3, lanjut Ramdan, teknisnya masyarakat membentuk panitia dan setiap Caleg untuk menyumbang kegiatan uji kelayakan misalnya Rp. 1 Juta maka bila jumlah calon wakil rakyat ada 50 orang maka akan terkumpul anggaran sebesar Rp. 50 juta.
“Itu per desa Rp. 50 juta untuk di bagi beberapa kedusunan untuk melakukan uji kelayakan tinggal dikalikan 43 desa, jadi tidak repot kampanye, biarkan masyarakat yang mengundang seluruh caleg dan menilai sendiri siapa yang layak,” jelasnya.
Jadi, kata Ramdan untuk dapil 3, Caleg hanya mengeluarkan biaya Rp.43 Juta, dan yang menilai langsung adalah masyatakat daripada melakukan pendidikan politik transaksional itu sangat tidak mendidik.
“Kan ada PPK juga Panwas di bantu masyarakat untuk melakukan uji kelayakan, pendidikan politik harus mendidik, politisi jangan mendidik politik dengan transaksi uang, bahaya itu,” tegasnya.
(Yud’N)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *