Potensi Melimpah Dalam Sektor Pertanian, Pemkab Tasik Diminta Tunjukan Perhatiannya

TASIKMALAYA-padjadjaran-news.com : Ketua Jaringan Aspirasi Warga Sukapura (Jawara), Ramdan Hanapiah mengatakan Kabupaten Tasikmalaya merupakan daerah agraris yang memiliki potensi besar dan sumber daya alam yang melimpah untuk sektor pertanian.
“Memiliki beragam jenis tenaman, hal ini didukung kondisi iklim tropis yang berbeda, dibidang tanaman pangan di sini memiliki tanaman unggul seperti padi, kedelai, kacang tanah, ubi kayu dan berbagai jenis faritas yang lain,” ungkap Ramdan Hanapiah, Jumat (8/11/2018).
Pertanian, lanjut dia merupakan sektor yang memiliki peranan signifikan bagi perekonomian. Tidak hanya itu Ramdan berharap Dinas Pertanian untuk tidak merekomendasikan lahan-lahan produktif beralih fungsi jadi Perumahan.
“Kan Pupuk tidak perlu membeli dari luar, manfaatkan yang ada dari mulai para peternak ayam, kambing, sapi juga dari pasar hewan dan RPH bisa dimanfaatkan, maka perlu dorongan dan perhatian Dinas Pertanian jangan hanya berpikir proyek pengadaan saja,” ucapnya.
Ramdan menilai Sektor pertanian dan peternakan di kabupaten Tasikmalaya bisa menjadi tulang punggung PAD bila ada pembinaan yang serius dari Dinas terkait, maka berpikirlah untuk kesejahteraan masyarakat bukan kemakmuran bagi pejabat.
“Jangan berpikirnya lelang proyek pengadaan barang, berpikir keuntungan lainnya, coba gali potensi masyarakat, jangan banyak teori, ada Dinas Pertanian tapi tak terasa berpihaknya kepada para Petani, ironis sekali,” tegasnya.
(Yud’N)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *