BPN: Desa Cibunar Pilot Project PTSL

GARUT, Padjajarannews.com: Desa Cibunar Tarogong Kidul merupakan, salah satu Desa yang dijadikan Pilot Project di seluruh Indonesia sebagai Desa yang masyarakatnya memiliki Sertifikat Tanah paling baik.

Hal ini dikatakan Kepala ATR BPN (Badan Pertanahan Negara) Garut Hayu Susilo, saat membagikan sertifikat atas hak tanah Masyarakat Cibunar, Selasa (2/7/2019).

Dikatakannya, Dengan adanya Sertifikat Hak Atas Tanah masyarakat, maka perekonomian masyarakat disana akan terus meningkat.

“Seperti halnya pertanian, sertifikat tanah dapat dianggunkan ke Bank untuk menjadi modal mereka,”ujarnya.

Masih menurut Hayu, selain pertanian hasil usaha kecil menengah (UKM) masyarakat disini juga dapat terbantu, karena modal yang didapat akan dengan cepat.

“Kami juga membantu percepatan peminjaman ke Bank bagi para UMKM, bandingkan dengan beberpa tahun kebelakang Desa Cibunar lebih maju,”ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Direktur Pemberdayaan Atas Hak Tanah ATR BPN, Ir.Ratmono Msi, menurutnya, bantuan kemudahan pembuatan sertifikat hak atas tanah oleh pihaknya, dapat membantu memajukan perekonomian masyarakat Desa Cibunar, untuk itu pihaknya memberikan apresiasi besar terkait program PTSL yang digulirkan di Desa ini.

Dirinya berharap, dengan adanya Sertifikat atas hak tanah warga setempat, roda perekonomian dapat berjalan dengan cepat.

“Tentunya perlu adanya peran serta dinas lain, untuk pertanian dinas pertanian membantu bagaimana meningkatkan produktivitas gabah unggulan, jadi kami tidak bisa jalan sendiri,”tegasnya.

(**)Deni Rinjani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *